metode efektif belajar bahasa inggris

Setelah melalui pengamatan cermat dari penyelenggaraan berbagai kursus bahasa Inggris, penulis melihat bahwa secara umum ada kesan diantara para siswa maupun masyarakat bahwa bahasa Inggris itu sangat sulit. Apa memang hal demikian masih perlu dipertanyakan, karena banyak juga pendapat mengatakan bahwa tidak mungkin bahasa Inggris itu menjadi bahasa pengantar paling luas digunakan dalam pergaulan internasional kalau memang sifat-sifatnya sangat sulit dipelajari atau dipahami. Jika demikian, dimana letak masalahnya sehingga sangat terasa bahwa bangsa ini menga-lami ketertinggalan dan kesulitan menempatkan diri pada posisi terhormat dan menguntungkan dalam berbagai hal pada kancah pergaulan internasional karena warganya sangat sedikit yang mampu berbahasa Inggris secara fasih.

Pertanyaan ini telah mendorong minat penulis untuk melihat keberadaan dan sifat bahasa, khususnya bahasa Inggris, dari berbagai definisi yang diberikan beberapa ahli bahasa seperti berikut;

• Language has system. / Bahasa mempunyai sistim
• Language is vocal. / Bahasa berkaitan dengan suara
• Language is arbitrary. / Bahasa lebih bersifat pendapat pribadi bukan kebenaran.
• Language is a human activity. / Bahasa adalah kegiatan manusia.
• Language is non-instinctive. / Bahasa bukan naluri.
• Language is a social activity. / Bahasa adalah kegiatan sosial.
• Language is related to culture. / Bahasa berkaitan dengan budaya.

Dengan memperhatikan satu persatu definisi tersebut sebagai acuan, penulis mecoba merumuskan;

• prinsip-prinsip yang harus dipahami oleh para pengajar bahasa Inggris.

• pengelompokan kegiatan-kegiatan pokok (utama) yang harus dilakukan didalam proses belajar mengajar bahasa Inggris.

• strategi yang harus diterapkan agar pembelajaran dapat berlangsung efektif.

Ketiga aspek tersebut kemudian dalam beberapa kesempatan diuji cobakan kepada beberapa peserta kursus bahasa Inggris dalam berbagai tingkatan. Kemudian setelah dilakukan evaluasi penulis berkesimpulan bahwa ketiga langkah yang sudah diuji co-bakan tersebut dapat dipakai sebagai satu “metode pembelajaran bahasa Inggris” disekolah-sekolah atau di tempat kursus-kursus. Semua ini dibahas serinci mungkin dalam Buku I (Jilid I) dengan judul “An Effective Method of English Teaching” dan sub-judul “Principles, Main Activities, Strategies”.

Menyadari bahwa para guru mungkin masih perlu dibekali berbagai pemahaman dan bahan-bahan pelajaran sebagai tambahan dan penyempurnaan pada apa yang telah mereka peroleh selama disekolah, maka buku ini dilengkapi juga dengan tinjauan grammar (Grammar Review) secara comprehensive. Mengingat jumlah kaidah-kaidah grammar yang perlu di berikan dan contoh-contoh bagaimana setiap aspek digunakan dalam kalimat, maka Grammar Review ini dibuat dalam buku tersediri dan merupakan Buku II (Jilid II) dari tiga Jilid secara keseluruhan.

Karena dalam pengamatan ditemukan juga keterbatasan buku-buku pelajaran yang sesuai dengan metode yang disarankan, maka penulis juga mengembangkan isi buku yang dapat digunakan oleh guru sebagai referensi saat mereka menyusun silabus untuk masing-masing kelas dalam rangka memenuhi kurikulum. Sangat diharapkan juga, dengan pemahaman metode ini para guru bahkan akan mampu menyusun sendiri buku pelajaran untuk murid masing-masing atau untuk diterbitkan sebagai pelengkap ketersediaan buku dipasaran. Karena bukan tidak mungkin seorang guru bahasa Inggris setiap tahun bingung menentukan buku mana yang tersedia dipasaran yang paling tepat untuk dipakai karena banyaknya ketidak jelasan harus berbuat apa dan harus memakai apa.

Dengan alasan tersebut penulis membuka web ini sebagai media diskusi bagaimana metode efektif dalam proses belajar dan mengajar bahasa Inggiris dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan peserta menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua.

Bahasa itu alat utama komunikasi. Interakasi komunikasi itu dimulai dari bertanya dan menjawab atau memberi pernyataan. Karena itu belajar satu bahasa harus dimulai dari belajar kata tanya dan bagaimana setiap kata tanya itu dipakai dalam kalimat-kalimat sederhana. Selanjutnya pelajari bagaimana jawaban utk setiap setiap pertanyaan tsb.

About binhom

English book writer
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s